Mengapa Jam Di Komputer Selalu Tepat Waktu?

Saat ini masih banyak orang heran kenapa jam yang ada di desktop atau laptop seringkali tepat waktu padahal sering dimatikan tanpa aliran listrik. Bagi yang jarang mengutak-atik komponen motherboard, hal ini menjadi sebuah tanda tanya. Saat piranti dimatikan sampai beberapa hari, posisi jam di komputer masih menunjukkan waktu yang tepat.

Begini alasannya,Dalam komputer atau alat elektronik lain yang dilengkapi dengan penyimpanan waktu, sudah lazim ditambahkan hardware yang diberi nama Real Time Clock (RTC). Kegunaan RTC ini untuk memastikan waktu terus berjalan sekalipun kondisi komputer atau piranti tersebut dalam keadaan mati.
Untuk mengoperasikan fitur RTC pada komputer digunakan sumber tenaga berupa baterai jenis kancing yang berteknologi lithium-ion. Dari baterai kancing inilah waktu pada komputer terus berputar sekalipun sumber listrik utama tidak ada.

RTC dapat ditemukan pada microchip. Letaknya ada di salah satu bagian motherboard. Papan utama ini menjadi media penghubung berbagai komponen elektronik pada PC maupun laptop. Sewaktu komputer dinyalakan, osilator kristol pada jam menciptakan sinyal electromagnet atau getaran. Getaran ini dipakai komputer untuk mengetahui waktu.

Di masa kini,  banyak komputer yang memakai waktu standar internasional lewat akses internet. Saat tidak ada akses internet, komputer mengandalkan osilator kristal. Tapi ketika tersambung internet, komputer memanfaatkannya untuk mengetahui waktu. Meski demikian, hasilnya tidak sebagus dengan informasi jam tangan digital yang ada di pasaran.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.